Langsung ke konten utama

MENYINYIAKAN KASIH KARUNIA

 

1 Kor 15:10  Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Menyianyiakan Kasih karunia


 Pertama  orang-orang yang telah dilimpahi dengan kasih karunia Allah harus berhati-hati supaya kasih karunia itu tidak menjadi sia-sia.

2 Kor 6: 1 Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima.

2  Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.

3  Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela.

4  Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,

Dan, meskipun semakin banyak ia bekerja, semakin banyak kebaikan ia lakukan, semakin pula ia merendahkan hatinya dan semakin besar hatinya mengakui dan mengagungkan kemurahan Allah terhadap dirinya, kemurahan-Nya yang diberikan dengan cuma-cuma dan yang tidak pantas untuk diterimanya. Perhatikanlah, roh yang rendah hati cenderung mengakui dan mengagungkan kasih karunia Allah. Roh yang rendah hati pada umumnya merupakan roh yang murah hati. Di mana kesombongan ditundukkan di situ bisa dipercaya ada kasih karunia berkuasa. 

 

Kedua Kasih karunia yang diterima orang percaya membuatnya semakin giat bekerja

Ibr 10:25  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Mereka harus menghargai, menggunakan, dan memanfaatkan pandangan sorgawi ini. Begitulah yang dilakukan oleh Rasul Paulus, dan itulah sebabnya mengapa ia bekerja dengan sepenuh hati dan menuai lebih banyak keberhasilan

Tiga Kasih karunia membuat orang semakin rendah hati meskipun lebih berhasil

Mereka harus menghargai, menggunakan, dan memanfaatkan pandangan sorgawi ini. Begitulah yang dilakukan oleh Rasul Paulus, dan itulah sebabnya mengapa ia bekerja dengan sepenuh hati dan menuai lebih banyak keberhasilan

 

Fil 2: 12  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

13  karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Roh yang rendah hati pada umumnya merupakan roh yang murah hati. Di mana kesombongan ditundukkan di situ bisa dipercaya ada kasih karunia berkuasa.

Fil 4: 13  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

 

Komentar